Label: ,

Wisata Jawa Timur : Istana Bawah Tanah Goa Gong, Pacitan

Hasil gambar
Goa Gong, Pacitan. Pesona istana bawah tanah terindah di Asia Tenggara

Wisata goa gong merupakan tempat wisata di Pacitan Jawa Timur yang didalamnya sangat sejuk. Jika kamu berkunjung kekota pacitan, alangkah baiknya kalau menyempatkan diri untuk melihat ciptaan Tuhan berupa karya alam yang indah dan memukau ini.

Dimana letak Wisata Goa Gong?
Goa Gong terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan, Jawa Timur. Dari kota Pacitan berjarak kurang lebih 28Km arah Kota Wonogiri Jawa Tengah. Jika kamu melakukan perjalanan dari kota Wonogiri menuju Pacitan, Tentu akan bisa dengan mudah mendapati tulisan penunjuk arah menuju Goa Gong disebelah kanan.



Kenapa Mengunjungi tempat wisata goa gong Pacitan
Goa gong merupakan salah satu wisata alam berupa goa terindah yang berada di Asia tenggara, Goa dengan panjang kurang lebih 250m menyajikan pemandangan alam dalam Goa yang indah dan menakjubkan. 

Patung selamat datangnya cuma dua lho :D bukan tiga
Didalam Goa Gong kamu akan bisa melihat keindahan stalaktit serta stalagmit dari kejadian alam beberapa ratus tahun lalu. Seiring perkembangan jaman, Untuk memudahkan dan sekaligus mengamankan pengunjung. Goa Gong sudah dilengkapi dengan tangga serta pegangan besi dikanan dan kiri. Ini merupakan bentuk pelayanan dan kepedulian pengelola wisata goa gong pada kenyamanan dan keamanan pengunjung saat memasuki Goa Gong. Walaupun demikian kita tetap harus berhati-hati.

Selain tangga dan pegangan besi, di dalam Goa Gong juga sudah dilengkapi dengan lampu yang akan membantu pengunjung dalam menikmati keindahan isi goa. Pantulan lampu pada area di dalam Goa Gong membuat lebih indah pemandangan didalam goa. Meskipun demikian di sekitar goa kamu akan menjumpai beberapa orang yang menyewakan senter. 

Begitu memasuki Goa Gong, kamu akan melihat stalaktit dan stalagmit yang terkena pantulan sinar lampu penerangan. Dimana pengunjung akan bisa melihat bintik-bintik kristal kecil berwarna putih yang gemerlap seperti halnya bintang. Kristal-kristal ini bagaikan pagar goa.

Rasakan sensasi dengan menikmati nuansa lampu temaram yang memoles stalaktit dan stalagmit goa gong yang menghasilkan kreasi alam yang luar biasa indahnya. Dan ini akan menjadi pengalaman yang tidak akan kamu lupakan.





Kenapa dinamakan Goa Gong?
Kalau berdasarkan nama diatas, yaitu Goa Gong, tentu nama ini diberikan karena ada hubungannya dengan alat musik Jawa yaitu Gong. Sedangkan nama ini diberikan karena adanya batu yang jika ditabuh akan berbunyai seperti salah satu alat musik jawa bernama Gong. Selain ini, Dulu jika malam hari Goa ini sering mengeluarkan bunyi layaknya suara Gong. Saya dan kawan-kawan saking penasarannya sampai berkali-kali memukul setiap batu yang kami jumpai, untuk membuktikan suara gong :D

Fasilitas lain di Goa Gong Pacitan
Apa yang kamu risaukan saat melakukan perjalanan wisata?, Tempat makan, tempat sholat atau apa lagi?. Jika itu menjadi hal yang kamu pikirkan, kamu tidak perlu khawatir. Karena di sekitar kawasan wisata Goa Gong kamu akan dengan meudah menemukan rumah makan, mushola, toilet dan yang ingin membawa oleh-oleh bisa membeli dibeberapa toko souvenir yang ada. 

Apa kamu takut kemalaman sehingga akan binggung menginap?, Jangan khawatir, karena di Kota Pacitan sada beberapa hotel yang bisa digunakan untuk beristirahat sekalian menikmati keindahan Kota Pacitan dimalam hari dengan harga sangat terjangkau. 

Bagimana menuju Wisata Goa Gong Pacitan?
Untuk menuju wisata Goa Gong Pacitan, kamu bisa tempuh melalui tiga kota disekitar Pacitan. Yaitu Ponorogo, Trenggalek dan Wonogiri. perjalanan dari Tiga Kota ini akan sangat menyenangkan. Kenapa demikian?

Menuju wisata Goa Gong dari Ponorogo
Perjalanan menuju wisata goa gong dari Ponorogo akan terasa sangat mengasikkan, Dimana kita akan bisa melihat keindahan pegunungan antara Ponorogo- Pacitan. Banyak pohon dan batu-batu pegunungan yang indah. Selain pemandangan pohon dan keindahan batu, Kita juga akan melihat Indahnya sungai disebelah kiri perjalanan. Setelah sampai kota pacitan, Untuk menuju Goa Gong kamu ambil arah menuju Wonogiri. 

Menuju wisata Goa Gong dari Trenggalek
Perjalanan dari kabupaten Trenggalek ini memakan waktu yang agak lama. Walaupun agak lama dan relatif lebih jauh, Saya yakin kamu tetap akan senang. Karena saudara akan bisa melihat keindahan hutan perbukitan yang asri dan indah. Selain itu, jelang sampai kota Pacitan kamu akan bisa melihat Keindahan Pantai Soge dan Pantai Pindaan disebelah kiri. Pemandangan pantai laut yang indah serasa menuju kota denpasar dari Kota Negara Bali.

Menuju wisata Goa Gong dari Kabupaten Wonogiri
Apakah kamu dari Jogja, Solo, Sukoharjo atau Klaten? Jika iya, saudara bisa menuju Goa Gong pacitan dengan melewati kabupaten Wonogiri yang terkenal dengan waduh Gajah Mungkur yang indah. Perjalanan menuju Goa Gong dari Kabupaten Wonogiri juga akan terasa menyenangkan. Karena Saudara akan melihat keindahan hutan perbukitan dengan pohon-pohon yang indah. Jika perjalanan kewisata Goa Gong Pacitan dari Wonogiri, Letak Goa gong berada sebelum masuk kota Pacitan. Setelah memasuki perbatasan wonogiri pacitan, Saudara akan melihat petunjuk arah menuju wisata Goa Gong yang berada disebelah kanan.

Perjalanan menuju wisata Goa Gong melalui Ponorogo dan Wonogiri bisa ditempuh dengan kendaraan atau mobil pribadi maupun kendaraan umum. Sedangkan jika dari Trenggalek saya belum tahu pasti bisa atau tidaknya dengan kendaraan umum. Bagi yang menggunakan layanan transportasi umum, Untuk memudahkan perjalanan sebaiknya kamu turun diterminal Kota Pacitan, Dan dari terminal kamu bisa menggunkan sarana transportasi lain yang menuju daerah dimana wisata goa gong berada.

Demikian artikel tempat wisata menarik berupa Goa di Jawa Timur dari Wisata Alam Di Jawa dan Jogja. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Kamu juga bisa kunjungi artikel tempat wisata menarik lainnya dibawah ini.

[]Lovalia 
Dengan Tambahan Beberapa Sumber 

0 komentar:

Posting Komentar

 
BOCAH BLORA MUSTIKA © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters