Label:

KULINER BLORA - KOPI SANTAN JEPANGREJO

Kopi Santan Jepangrejo
Malam ini saya begadang mengerjakan beberapa tugas dengan ditemani secangkir capucino dan ini mengingatkan saya pada pengalaman tahun lalu di mana saya pertama kalinya minum kopi yang unik. Khas Kabupaten Blora. Saya ingin bercerita sedikit mengenai minuman unik yang satu ini.

Ya salah satu daya tarik dari kuliner Kabupaten Blora terutama mengenai Minuman . KOPI SANTAN.  Kopi Santan ( Orang Jawa menyebutnya santen ) adalah salah satu minuman berupa kopi yang dikombinasikan dengan santan supaya rasanya lebih  nikmat dan lezat . Berbeda dengan kopi-kopi yang lain , kopi santan ini tidak menggunakan kopi-kopi instan yang dijual di luaran. Kopi ini  menggunakan kopi asli yang di haluskan sendiri dan diracik sendiri  serta menggunakan santan asli kelapa yang di parut dan di peras sendiri tentunya dengan cara-cara yang tradisional . Cara- cara tradisional inilah yeng membuat rasa kopi santan ini lebih nikmat dan lebih alami. Kopi Santan ini benar-benar nikmat dengan rasa kopi yang dicampur dengan santan yang memberikan aroma dan rasa gurih .
 
Tempat yang terkenal dengan kopi santannya ini adalah warung mbah Sakijah / Ibu Rukini desa Jepangrejo kecamatan Blora. Saya sendiri penasaran ketika admin @info_Blora update tentang kopi santan ini. Rasa penasaran itulah yang akhirnya membuat saya menginjakkan kaki di Jepangrejo bersama kakak saya hanya untuk membeli dua cangkir kopi, hahaha :D

Btw kenapa nama desanya Jepangrejo ya ? Hmmm .. saya pun ketika itu baru tahu bahwa Blora memiliki dea dengan nama yang cukup unik seperti itu. Mungkin kenangan Jepang begitu melekat pada masyarakat sekitar ya ? Dan mungkin kopi santen ini muncul sebagai cikal bakal kopi susu ? Hmm entahlah, itu cuma pemikiran oseng saya saja.

Oke balik ke kopi santan tadi. Dalam pembuatan Kopi santan dibutuhkan kelapa untuk membuat santan serta membutuhkan kopi yang dihaluskan. Lalu kopi & santan tersebut direbus dengan menggunakan air sampai mendidih. Rebusan kopi santan tersebut harus selalu diaduk untuk mengurangi busa pada kopi.  Oh ya Setiap satu gelas kopi santan harganya sangat terjangkau yaitu (2500) dua ribu lima ratus rupiah .

Kamu tertarik untuk mencoba ? Yuuk jalan-jalan ke Blora.

[]Lovalia : berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 
BOCAH BLORA MUSTIKA © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters